Wednesday, October 22, 2014

Tugas Pengantar Bisnis 1

Judul :TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN: BENTUK AKTIVITAS DAN LAPORAN AKUNTANSI, Studi Kasus pada PT Garam (Persero)
Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi
Penulis : Siti Nur Aini dan Andayani
Edisi : Volume 1, Nomor 2
Tahun : Maret 2013
Hlm 265-283


Jurnal ini berisi tentang aktivitas-aktivitas sosial yang dilakukan sebagi pertanggungjawaban sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar perusahaan dimana perusahaan tersebut beroperasi, bagaimana menyajikan laporan akuntansi pertanggungjawaban sosial yang telah diterapkan, dan bagaimana menilai kinerja sosial melalui laporan akuntansi pertanggung jawaban sosial.

Tujuan utama perusahaan tentunya adalah mencari laba semaksimal mungkin, dan untuk mencapainya perusahaan harus mengolah perusahaan tersebut efektif dan efisien demi kelangsungan hidup perusahaan. Tapi, masyarakat pun sadar akan dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan yang menggunakan cara yang tidak baik untuk mendapatkan laba yang maksimal, dengan tidak mementingkan lingkungan sekitarnya, seperti membuang limbah sembarangan,dll. Oleh karena itu, perlu diberlakukannya Corporate Social Responsibility (CSR) yang menjadi bentuk bentuk pertanggung jawaban sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Dengan menerapkan sistem CSR perusahaan mendapatkan citra yang baik dari lingkungan masyarakat sehingga dapat mendukung aktivitas perusahaan berjalan dengan baik. Program CSR merupakan sebagai bagian yang strategis dalam bisnis yang akan mempermudah bagi unit-unit usaha yang berada dalam suatu perusahaan untuk mengimplementasikan rencana kegiatan dari program CSR yang telah dirancang. Perusahaan-perusahan yang telah mengintegrasikan implementasi CSR dalam budaya perusahaannya (Corporate culture) terbukti mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat sekitar dan dari para karyawannya, serta mendapatkan kepercayaan dan loyalitas customer yang lebih tinggi. Walaupun kepercayaan dan loyalitas ini diperoleh dengan investasi yang tidak sedikit dan dalam jangka panjang benefit tersebut baru dapat dirasakan.

PT Garam (persero) menjalankan aktivitas social yang berhubungan dengan pihak eksternal perusahaan dengan membentuk PKBL (Program Kemitraan Bina Lingkungan). Kegiatan operasi perusahaan sangat berkaitan dengan lingkungan sekitar. semakin baik kondisi lingkungan, maka semakin baik pula kinerja perusahaan. Oleh karena itu, perlu perhatian mengenai adanya wujud aktivitas social dan tujuan perusahaan sebagai bentuk tanggungjawab social perusahaan terhadap lingkungan.
Bentuk CSR yang telah dilakukan oleh PT. Garam (persero) adalah :
1. Kontribusi kemasyarakatan
2. Kontribusi ketenagakerjaan
3. Kontribusi kesehatan dan keselaman tenaga kerja
4. Kontribusi produk dan konsumen

Kinerja sosial PT. Garam (persero) dapat dinilai melalui laporan akuntansi pertanggungjawaban sosial, bahwa biaya aktivitas sosial yang dilakukan pada tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Jadi, dengan mengadakan program CSR, perusahaan dapat meningkatkan kinerja sosial bahkan mendapatkan penilaian baik dari masyarakat dan tentunya menyadari keberadaan lingkungan yang sangat bermanfaat bagi manusia. 

No comments:

Post a Comment

Kode Etik Profesi Akuntansi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kode etik profesi akuntansi, apa itu kode etik ? Kode etik adalah suatu sistem norma, nilai & jug...