Friday, May 15, 2015

TUGAS 8

Klasifikasi Industri
1.  Berdasarkan Bahan baku
a. Industri Ekstraktif yaitu industri yang mengelola bahan langsung dari sumber daya alam, misalnya industri hasil pertanian, perkebunan, perikanan atau kehutanan.
b. Industri non ekstraktif yaitu industri yang menggunakan bahan bakunya dari tempat lain, baik  hasil olahan maupun masih berupa bahan mentah.
c.   Industri fasilitatif yaitu kegiatan industri yang menghasilkan dan menjual  jasa untuk keperluan orang lain contoh : asuransi, perbankan, pariwisata, angkutan dan  konsultan.

2.    Berdasarkan jumlah tenaga kerja
a.    Industri rumah tangga yaitu industri yang memilki tenaga kerja 1-4 orang
b.    Industri kecil yaitu industri yang mempekerjakan 5-19 orang
c.    Industri sedang yaitu industri yang memiliki tenaga kerja 20 -99 orang
d.    Industri besar yaitu industri yang memiliki tenaga kerja > 100 orang.

3.    Berdasarkan hasil produksinya
a. industri primer yaitu industri yang menghasilkan barang-barang  tanpa pengolahan lebih  lanjut,  contohnya penggilingan padi
b. industri sekunder yaitu industri yang menghasilkan barang serta  masih memerlukan pengolahan lebih lanjut sebelum dikonsumsi.  Contoh industri garmen
c. industri tersier yaitu industri yang hasilnya tidak berupa barang tetapi  bergerak dalam bidang jasa. Contoh industri angkutan.

4. Berdasarkan bahan mentah yang diolah
a. industri agraris yaitu industri yang bahan mentahnya didapat dari  hasil pertanian, perkebunan  atau kehutanan. Contoh industry  minyak goreng, the , dll.
b. industri non agraris yaitu industri yang mengelola bahan mentah  dari kegiatan pertambangan. Contoh industri semen , industri baja  dll.


5.  Berdasarkan tahapan produksinya
a. industri hulu yaitu industri yang tahapan produksinya mengolah bahan mentah menjadi barang setengah. Secara umum kegiatan yang termasuk pada industri hulu adalah industri logam dasar, industri elektronik dan industri kimia dasar.
b. Industri hilir yaitu kegiatan industri yang tahapan produksinya  mengolah bahan setengah jadi  menjadi bahan jadi meliputi pengolahan pangan, mebel, dan konveksi.

6. Berdasarkan perolehan modalnya
a. PMDN (penanaman modal dalam negeri )
b. PMA ( penanaman modal asing)
c. industri patungan ( join venture)

7.  Berdasakan pengelolaannya
a. industri rakyat yaitu industri yang dikelola secara perorangan
b. industri negara yaitu industri yang dikelola oleh pemerintah

8. Berdasarkan bahan dasarnya
a. industri campuran yaitu bahan dasarnya lebih dari satu jenis
b. industri Trafik yaitu industri yang bahan dasarnya diinfor dari luar  negeri. Misalnya industri  coca  cola.
c. Industri konveksi yaitu industri yang membuat pakaian siap pakai.
d. industri perakitan yaitu industri yang kegiatanya merakit  komponen untuk menjadi suatu barang  yang siap digunakan , misalnya industri kendaraan.

9. Berdasarkan modal dan daya tampung tenaga kerja
a. Industri padat modal ( capital intensive ) adalah industri yang lebih banyak menggunakan  dan  membutuhkan modal untuk peralatan dengan menggunakan teknologi tinggi dari pada menggunakan  tenaga manusia.

b. Industri padat karya ( Labour intensive ) adalah industri yang lebih banyak membutuhkan dan menggunakan tenaga kerja manusia.

Indonesia merupakan suatu negara yang kaya akan hasil bumi, dan untuk meningkatkan daya saing industri di Indonesia, bisa dilakukan dengan pengelolaan sumber daya alam yang melimpah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan standar suatu produk sehingga produk tersebut tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri. Masyarakat pun merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan daya saing industri di Indonesia yaitu dengan meningkatkan keterampilan dan memperdalam ilmu pengetahuan untuk menghasilkan produk-produk berkualitas, dan masyarakat diusahakan dapat menggunakan produk dalam negeri.

Menurut saya, faktor industri yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan ekonomi Indonesia adalah faktor kualitas suatu produk, karena apabila kualitas produk tersebut baik dan sangat bermanfaat bagi konsumen, tentu konsumen tidak akan berpikir panjang untuk membeli produk tersebut, tidak hanya masyarakat luar negeri yang dapat menikmati produk tersebut melainkan masyarakat LN dan ditambah lagi dengan SDA yang sangat melimpah, faktor ini dapat memperkuat kualitas suatu produk, namun tentu hal ini pun perlu tangan-tangan yang ahli dan kreatif.

Sumber :
http://dandung-sefa.blogspot.com/2012/09/materi-kelas-xii-ips-ganjil-klasifikasi.html
http://arifshubhan.blogspot.com/2013/07/meningkatkan-daya-saing-bisnis-industri.html

No comments:

Post a Comment

Kode Etik Profesi Akuntansi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai kode etik profesi akuntansi, apa itu kode etik ? Kode etik adalah suatu sistem norma, nilai & jug...